LPJ DEPARTEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT

PROGRAM KERJA
• JANGKA PENDEK
1. Mengurusi segala hal yang berkenaan dengan Iqomah 2008 M.
2. Menjadi Panitia Zakat Fithrah (Idul Fithri 1429 H.)
3. Mengadakan pendataan mahasiswa baru dan penarikan iuran wajib organisasi
4. Menjadi Panitia Idul Adha (Qurban 1429 H.)



5. Mencari tambahan dana kegiatan FORMIL
6. Membantu terealisasinya acara PHBI dan rapat resmi FORMIL
7. Mempermudah proses Rihlah Ilmiah
• JANGKA PANJANG
Membantu proses pembayaran Iqomah bagi mahasiswa yang membutuhkan.

REALISASI PROGRAM KERJA
• JANGKA PENDEK
September 2008
Nama Kegiatan : Mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan iqomah.
Pelaksanaan : Selama bulan September 2008 dan bulan Juni 2009.
Laporan singkat : Terlaksana dengan baik dan lancar.
Deskripsi kegiatan :Humasy FORMIL membuat pengumuman, menyebutkan nama-nama mahasiswa yang sudah jatuh tempo untuk membayar biaya tamdid iqomah sesuai tanggal habis iqomah dilanjutkan dengan menerima uang pembayaran serta foto untuk segera disetorkan ke Syu`unul wafidin bagian jawaz dan iqamah. Sebagai organisasi yang telah mempermudah proses pengurusan tamdid iqomah tersebut, setiap anggota FORMIL diwajibkan berinfaq RY 200 untuk kas organisasi.
Oktober 2008
Nama Kegiatan : Panitia Zakat Fitrah (Idul Fithri 1429 H.)
Pelaksanaan : Rabu, 1 Syawal 1429 H/ 1 Oktober 2008 M
Laporan singkat : Terlaksana dengan sukses dan lancar.
Deskripsi kegiatan :Penyaluran zakat fitrah melalui FORMIL yang langsung ddistribusikan kepad Bpk Abu Na'im untuk diberikan kepada mustahiqquzzakah di daerah setepat. Dalam kesempatan itu terkumpul Bur dalam bentuk karung kecil ukuran 3kg sebanyak kurang lebih 300 karung.
Panitia zakat fitrah juga mengambil infaq setiap satu karungnya RY. 50 untuk keperluan operasional zakat fitrah dan kas FORMIL.

Nama kegiatan : Penerimaan Mahasiswa Baru dan Pendataannya
pelaksanaan : 17, 21 dan 22 Oktober 2008 M
Laporan singkat : Terlaksana dengan sukses.
Deskripsi kegiatan :Humasy FORMIL secara keseluruhan bahu membahu mengurusi penyambutan mahasiswa baru yang secara institusi dihandle langsung oleh DPH dengan membentuk unit penyambutan mahasiswa baru (UPMB) yang dipimpin langsung oleh ketua umum FORMIL 2008-2009 dengan agenda utama menyelesaikan peroses pendaftaran, cek darah untuk pengeluaran iqomah dan beberapa hal tekhnis yang berkaitan langsung dengan administrasi perkuliahan. Kegiatan ini didukung penuh oleh Idarah Tasjil wal Qabul, Dhabit sakan dakili, Syu`un Wafidin, dan Idarat Kulliyah.
Desember 2008
Nama Kegiatan : Panitia Qurban (Idul Adha 1429 H.)
Pelaksanaan : Senin-Kamis, 10-13 Dzul Hijjah 1429 H/8-11 Des 2008 M
Laporan singkat : Terlaksana dengan baik dan sukses.
Deskripsi kegiatan :Dalam kegitan ini panitia menerima 19 ekor kambing dengan perincian : Dari Ri'ayatuttholib : 7 ekor kambing, Idarah kuliah : 5 ekor kambing, Habib Salim Syathiri : 2 ekor kambing dan Anggota FORMIL : 5 ekor kambing.
Dari jumlah yang ada, kemudian dialokasikan untuk kebutuhan makan siang selama tiga hari sejumlah 6 ekor, untuk dibagi-bagikan keseluruh anggota FORMIL dalam bentuk daging mentah sejumlah 11 ekor, sisanya dialokasikan untuk mahasiswa Afrika (2 ekor dari 5 ekor jatah yang telah diterim panitia dari idarah kuliah).
Keterangan :
Untuk program :
1. Mencari Tambahan Dana Kegiatan FORMIL : telah terlaksana bersamaan dengan pengurusan Iqomah, Zakat Fitrah dan pendataan mahasiswa baru.
2. Membantu Setiap Kegitan PHBI dan Setiap Rapat FORMIL : telah terlaksana bersamaan dengan terlaksananya program kerja PHBI dan beberapa event rapat FORMIL selama dalam setahun khidmah.
3. Membantu Kelancaran Rihlah Ilmiah : terlaksana bersamaan dengan terlaksananya program kerja rihlah yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Dakwah.
• JANGKA PANJANG
Membantu proses pembayaran iqomah bagi mahasiswa yang membutuhkan
Program ini terlaksana dengan baik terbukti dengan terlaksananya pembayaran iqomah setiap anggota FORMIL yang membutuhkan bantuan FORMIL. Termasuk pula dalam lingkup program ini, adalah melunasi beban pembayaran ghoromah iqomah mahasiswa baru sebanyak seratus sembilan orang, yang dalam hal ini FORMIL menanggung biaya sejumlah RY. 38.100 takhfifan lahum.

Aidid, 17 Agustus 2009 M.

Muhammad Haikal Abdun

Koordinator



Anggota; Najih Baihaqi,Muhammad Arif, Iftkhor Hafidz dan Rifqi Tamimi

0 komentar:

Posting Komentar