LPJ DPH 2008-2009

PROGRAM KERJA
1. Melaksanakan Rapat Konsultatif (RAKONS)
2. Melaksanakan Rapat Pimpinan (RAPIM)
3. melaksanakan Rapat Koordinasi (RAKOORD)


4. Mengumpulkan BLKD (Buku Laporan Kegiatan Departemen) untuk dipertanggungjawabkan dalam Musyawarah Anggota Komplit (MAK) di akhir masa kepengurusan.
5. Membentuk Unit Penyambutan Mahasiswa Baru (UPMB)
6. Memediasi proses administrasi akademik mahasiswa

REALISASI PROGRAM KERJA
Melaksanakan Rapat Konsultatif (RAKONS)
Rapat ini dilaksanakan empat belas kali dalam masa kepengurusan, yaitu :
RK, 1 : 9 September 2008 di Ruang Makan Kuliah, dengan agenda:
Menetapkan pelindung dan penasehat FORMIL 2008 – 2009.
Menyusun formasi DK, DPH dan koordinator depatemen FORMIL.
Menetapkan format acara pelantikan pengurus FORMIL 2008– 2009.

RK, 2 : 28 Oktober 2008 di kantor FORMIL, koordinasi dengan dhobit tentang persiapan penempatan mahasiswa baru di sakan rahbah, masjid sahal dan sakan syaikh ba`udhon, dalam rapat ini, selain ketua umum FORMIL sebagai pemimpin rapat, hadir pula ketua dan sekretaris DK, Ahsan Milal dan Andri Pratama, anggota DK, ustadz Oming Ratnawijaya Lc., dan pengurus lainnya.

RK, 3 : 9 November 2008, di kantor FORMIL, konsultasi seputar proses pembayaran denda iqamah mahasiswa baru tahun akademi 2008-2009. setelah sebelumnya disepakati penetapan hitungan hari dan kalkulasi denda bersama Ali Musaiba bagian jawaz dan iqamah mahasiswa manca Negara.

RK, 4 : 14 November 2008 di kantor FORMIL, rencana pelaporan kasus pelecehan (intihak `ard) mahasiswa baru Indonesia ke idarah syurthah amni mudiriyah Tarim, rapat di pimpin langsung ketua umum, didampingi seluruh DK dan dihadiri dhobit sakan dakhili sebagai pihak pelapor atasnama FORMIL

RK, 5 : 16 November 2008 di kantor FORMIL, konsultasi kelanjutan kasus untuk dimeja hijaukan di mahkamah ibtida`I mudiriyah Tarim, setelah mendapat perintah dari rais jami`ah, melalui habib zain bin aqiel ke dhabit untuk dewan pengurus harian FORMIL dalam rangka menyepakati dan menandatangani proses hukum (ijra`at qanun murafa`at).

RK, 6 : 11 Desember 2008, di kantor FORMIL, konsultasi seputar mahasiswa baru tahun akademi 200-2009 yang dinyatakan istinhaj.

RK, 7 : 17 Desember 2008, di kantor FORMIL, persiapan rapat di rumah habib Syarif bin Aqil, dan konsultasi dengan idarah, dhobit, syu`un wafidin, konsuler KBRI Yaman serta beberapa pihak terkait seputar peroses ishlah yang diajukan Habib Syarif bin `Aqil (atas nama keluarga Majid)

RK, 8 : 25 Januari 2009 di kantor FORMIL, konsultasi dengan konsuler KBRI Yaman Bapak W. Sunani Asrari dan Badrul Munir MA, tentang persiapan penunjukan pengacara tetap (muhami dari pihak universitas; ustadz Idhoh MA.) terkait proses ishlah dan penangguhan penahanan di penjara Syiun.

RK, 9 : 28 Januari 2009 di kantor FORMIL, konsultasi proses pelimpahan kasus hukum secara total ke pengacara resmi (muhami yang ditunjuk universitas al Ahgaff) melalui kantor pengacara cabang Mukalla.

RK, 10 : 15 Pebruari 2009 di kantor Amid kulliyah Syari`ah, konsultasi seputar penangguhan proses naik banding ke mahkamah isti`naf Syiun, dan proses menghadirkan pihak KBRI Yaman mewakili Negara Indonesia untuk melindungi hak dan menjamin keamanan selama proses hukum banding.

RK, 11 : 12 Maret 2009 di syuqah ba Hani, konsultasi tentang kelanjutan putusan sidang mahkamah ibtida`I Tarim, dalam sidang akhir di mahkamah isti`naf Syiun, menyepakati pengacara resmi yang ditunjuk universitas, setelah mendapat kepastian keamanan dan jaminan hak hukum dari pihak KBRI Yaman yang diwakili Bapak Badrul Munir MA.

RK, 12 : 15 Maret 2009 di kantor Amid kulliyah Syari`ah, konsultasi seputar perlindungan keamanan mahasiswa indonesia secara umum di Yaman, dan mahasiswa baru tahun akademi 2008-2009 di fakultas syari`ah Tarim Hadhramaut pada khususnya.

RK, 13 : 20 Juli 2009, di kamar Masya Allah, konsultasi penentuan nama bakal calon ketua umum FORMIL 2009-2010 dan penetapan hari musyawarah anggota komplit (MAK) serta agenda acara laporan pertanggungjawaban DPH FORMIL 2008-2009.

RK, 14 : 8 Agustus 2009, di kantor Syu`un Wafidin kuliyyah Syari`ah, konsultasi tarhil mu`aqqat (deportasi sementara) mahasiswa tahun akademi 2008-2009 (Usman bin Maksuni, Indramayu Cirebon) yang dinyatakan sakit kritis oleh dokter mustasyfa Tarim.


Melaksanakan Rapat Pimpinan (RAPIM)
Rapat ini dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam masa kepengurusan yaitu:

RAPIM I : Rabu 12 November 2008 di kantor FORMIL
Rapat ini digelar untuk memutuskan pembagian tugas Dewan Pengurus Harian, kesekretariatan, penentuan jadwal tugas jaga kantor, pembatasan alokasi pengeluaran keuangan bendahara umum, serta persiapan ekstra penyambutan dua tahap kedatangan mahasiswa baru.

RAPIM II : Jum`at 12 Juni 2009. di kantor FORMIL
Rapat ini digelar untuk menyepakati tehnis dan penentuan kualifikasi temus dari universitas al Ahgaff. Menaikkan infaq temus dari 50 ke 60 dollar. Menyepakati temus hanya diprioritaskan bagi S2, dan mustawa akhir atau mustawa tiga, empat dan lima yang sedang dalam istinhaj, sebagaimana petunjuk Amid kulliyah.

RAPIM III : Jumat 14 Agustus 2009. di Masbah Mahsun
Rapat ini digelar sebagai persiapan akhir menjelang MAK dan LPJ, serta evaluasi akhir proja perdepartemen.

Melaksanakan RAKOORD
Rapat ini dilaksanakan sebanyak enam kali dalam masa kepengurusan sesuai jumlah departemen FORMIL, sebagai proses awal dan pengarahan umum dari dewan pengurus harian, pelaksanaannya dilakukan bertahap sesuai urutan departemen dan dilaksaakan di tiga tempat pada waktu yang berbeda, yaitu;

1. Bertempat di Kantor FORMIL untuk departemen pendidikan, 20 September 2008. departemen seni dan budaya, 25 September 2008 dan depat. pengembangan bahasa, 28 September 2008.

2. Bertempat di Kamar Masya` Allah untuk departemen Humasy, 15 September 2008 dan dept. Olahraga dan kesehatan, 15 Oktober 2008.

3. Bertempat di Ruang makan kuliyah untuk departemen PHBI, 25 Oktober 2008. pada umumnya rapat tersebut membahas Pointer & Tekhnis Program Kerja Departemen yang dihadiri ketua umum, selanjutnya setiap departemenmelaksanakan rapat koordinasi lanjutan sesuai kebutuhan masing-masing dalam menyukseskan proja sebagaimana yang telah ditetapkan dalam list BLKD.


Mengumpulkan BLKD
Program ini terlaksana dengan meminta buku laporan kegiatan tiap departemen (BLKD) untuk melaporkan hasil kerjanya selama satu tahun khidmah ( sejak tgl 1 s/d 10, Agustus 2009 ).




Membentuk unit penyambutan mahasiswa baru (UPMB):
Kegiatan ini dihandle lansung oleh DPH, proja rancangan baru FORMIL 2008-2009 ini tergolong baru dan membutuhkan spesifikasi tim kerja, akses koordinasi langsung ke idarah tasjil wa qabul, idarah syu`un wafidin dan maktab amid, sehingga mengharuskan ketua umum bersangkutan yang melaksanakannya, bentuk nyata dari realisasi proja DPH tentang UPMB ini, adalah menerbitkan buku panduan praktis UPMB (Addalilul Hayyin), pelayanan penyambutan kedatangan di Auditorium kulliyah, pengumpulan passport, kolektifitas proses fahas dam, tasbit iqamah, negosiasi pembayaran denda iqamah, dan tindakan percepatan penempatan mahasiswa baru disetiap sakan dalam waktu 2x24 jam ke sakan rahbah, masjid sahal dan sakan syaikh ba`udlon serta kolektifitas pengisian formulir anggota baru FORMIL, istimarat kuliah, istimarat wizarat ta`lim ali, wizarat dakhili dan syurtah amni.

Memediasi proses administrasi akademik mahasiswa:
Program ini terealisasi dalam bentuk memediasi kebutuhan administrasi mahasiswa dalam bentuk surat menyurat, membuat tashrih, rekomendasi dan surat keterangan lainnya yang dibutuhkan mahasiswa atasnama FORMIL selama setahun masa khidmah.
Sementara mediasi dalam bentuk terbuka dan bersifat publik, DPH melaksanakannya dengan menggelar pertemuan langsung di auditorium kuliyah syari`ah ataupun pertemuan tertutup dan terbatas ditempat berbeda dengan beberapa pihak penting seperti petinggi universitas, dewan rektorat, dekanat, idariyat, syuun wafidin, dan bagian administrasi idarah kuliyah, dhabit sakan dakhili, perwakilan universitas al Ahgaff di Indonesia, dan KBRI Yaman yang dilaksaakan pada waktu yang berbeda, berikut ini jejak rekam pertemuan penting dan darurat yang telah kami lakukan sebagai proses mediasi antara mahasiswa Indonesia dan berbagai pihak, institusi ataupun instansi terkait lainnya;

1) Agenda acara:
Pertemuan langsung terbuka Habib Hasan Jufri dengan anggota FORMIL
Jabatan: Wakil resmi universitas al Ahgaff di Indonesia
Moderator: Ketua umum FORMIL 2008-2009
Pendamping: Bendahara Umum FORMIL dan Ustadz Oming Ratna Wijaya Lc.
Tempat : Auditorium kulliyah syari`ah
Pelaksanaan : 22 Oktober 2008
Materi acara: Pengarahan, penyelesaian sisa keuangan mahasiswa baru 2008-2009 dan ucapan selamat datang di kulliyah syari`ah serta permohonan ma`af atas segala kekurang nyamanan fasilitas dan dialog terbuka.
2) Agenda acara:
Pertemuan langsung terbuka Habib Muhammad bin Syihab dengan anggota FORMIL
Jabatan: Syu`un wafidin kulliyah Syari`ah universitas al Ahgaff Yaman
Moderator: Ketua umum FORMIL 2008-2009
Tempat : Auditorium kulliyah syari`ah
Pelaksanaan : 27 Oktober 2008
Materi acara: Pengarahan, penjelasan proses fahs dam kolektif, tasbit iqamah, dan penjelasan internal seputar pembayaran denda iqamah mahasiswa baru dan dialog.
3) Agenda acara:
Pertemuan langsung terbuka Bapak Drs. Nur Aulia dengan anggota FORMIL
Jabatan: Duta Besar RI untuk Yaman
Moderator: Ketua umum FORMIL 2008-2009
Pendamping: Bapak Dekrit MA., Staff Dubes RI untuk Yaman
Tempat : Auditorium kulliyah syari`ah
Pelaksanaan : 27 November 2008
Materi acara: Perkenalan, pengarahan, penguatan mental mahasiswa Indonesia dalam menghadapi kasus pelecehan, penjelasan internal proses kelanjutan pelaporan kasus, penegasan perlindungan hukum dan jaminan keamanan, dan dialog terbuka.
4) Agenda acara:
Pertemuan langsung terbuka Dr. Muhammad bin Abdul Qadir al Idrus dengan anggota FORMIL
Jabatan: Dekan Fakultas syari`ah dan qanun universitas al Ahgaff Yaman
Moderator: Ketua umum FORMIL 2008-2009
Pendamping: Ustadz Sholeh Faqihan, Mudir tasjil wa qabul kulliyah syari`ah Tempat : Auditorium kulliyah syari`ah
Pelaksanaan : 13 Desember 2008
Materi acara: Pengarahan, penyampaian pesan Rector universitas, penguatan mental mahasiswa Indonesia dalam menghadapi kasus pelecehan, penjelasan internal kefakultasan untuk mahasiswa mustawa awwal tentang pengisian istimarat serta kelengkapan berkas pendaftaran dan dialog terbuka.
5) Agenda acara:
Pertemuan langsung terbuka Ustadz Najib dan Ustadz Faiz dengan anggota FORMIL
Jabatan: Delegasi universitas, Dosen kulliyah dirasat islamiyah lil banat dan Peserta Program Magister universitas al Ahgaff Yaman
Moderator: Ketua umum FORMIL 2008-2009
Tempat : Auditorium kulliyah syari`ah
Pelaksanaan : 14 Desember 2008
Materi acara: Penyampaian pesan Habib Abdullah Baharun, pengarahan, penguatan mental mahasiswa Indonesia dalam menghadapi kasus pelecehan, penjelasan internal proses kelanjutan pelaporan kasus, pengalihan atasnama kasus dari FORMIL ke universitas, penjelasan internal seputar mahasiswa baru dan dialog.
6) Agenda acara:
Pertemuan langsung terbuka Sayyid Abu Ja`far Wasyli dengan anggota FORMIL
Jabatan: Dhobit Sakan Dakhili Kulliyah Syari`ah universitas al Ahgaff Yaman
Moderator: Ketua umum FORMIL 2008-2009
Tempat : Auditorium kulliyah syari`ah
Pelaksanaan : 15 Desember 2008
Materi acara: Pengarahan, penjelasan seputar tata tertib sakan dakhili, penjelasan internal proses kelanjutan pelaporan kasus, penegasan pengalihan atasnama kasus dari FORMIL ke universitas, penjelasan internal seputar mahasiswa baru dan dialog.
7) Agenda acara:
Pertemuan terbatas tertutup Habib Zain bin Aqil dengan Ketua umum FORMIL
Jabatan: Mudir syu`un wafidin universitas al Ahgaff Yaman
Moderator:Habib Muhammad bin Syihab, wihdat syu`un wafidin kulliyah syari`ah
Tempat : Auditorium kulliyah syari`ah
Pelaksanaan : 6 Januari 2009
Materi acara: Pengarahan untuk mahasiswa Indonesia, penjelasan internal proses kelanjutan pelaporan kasus, pengalihan atasnama kasus dari FORMIL ke universitas, penjelasan internal seputar mahasiswa baru dan dialog.
8) Agenda acara:
Pertemuan terbatas Ustadz Ja`far dan Ustadz Ikrom dengan DK, DPH dan perwakilan anggota FORMIL
Jabatan: Delegasi universitas dan Peserta Program Magister universitas al Ahgaff Yaman
Moderator: Ketua umum FORMIL 2008-2009
Tempat : Kantor FORMIL
Pelaksanaan : 21 Januari 2009
Materi acara: Penyampaian pesan Habib Abdullah Baharun, pengarahan, penguatan mental mahasiswa Indonesia, koordinasi pelaksanaan daurah khusus mustawa lima di Mukalla dan dialog terbuka.
9) Agenda acara:
Pertemuan tertutup terbatas bapak Badrul Munir MA. dengan anggota konsultan dan ketua umum FORMIL
Jabatan: Delegasi resmi dan staff KBRI Yaman
Moderator: Ketua umum FORMIL 2008-2009
Tempat : Syuqah ba Hani
Pelaksanaan : 5 Maret 2009
Materi acara: Pengarahan, penguatan mental, pembacaan deskripsi kasus, persetujuan pihak KBRI Yaman atas penunjukan pengacara resmi universitas, penegasan perlindungan keamanan bagi setiap warga Indonesia di Yaman atas nama Negara.
10) Agenda acara:
Pertemuan tertutup terbatas Dr. Shodiq dengan ketua konsultan dan ketua umum FORMIL
Jabatan: Wakil Rektor universitas al Ahgaff Yaman,
Moderator: Dr. Muhammad Abdul Qadir, Dekan Fakultas Kuliyah Syari`ah
Pendamping: Ustadz Idoh MA. Pengacara resmi universitas al Ahgaff
Tempat : Kantor `Amid kulliyah syari`ah
Pelaksanaan : 8 Maret 2009
Materi acara: Pengarahan, penandatanganan pengalihan atasnama kasus dan penandatanganan surat taukil anggota FORMIL (mahasiswa universitas al Ahgaff) ke pengacara resmi untuk kelengkapan berkas administrasi proses naik banding ke pengadilan isti`naf Syi`un (register, RY. No. 195235/ amar putusan mahkamah ibtida`I muiriyah Tarim, No. 104/tgl. 4/12/1429 H., 2/12/2008 M.)
11) Agenda acara:
Pertemuan terbatas Ustadz Asfiya dan Ustadz Sa`dul Khalqi dengan DK, DPH dan perwakilan anggota FORMIL
Jabatan: Delegasi universitas, wakil syu`un wafidin universits dan Peserta Program Magister universitas al Ahgaff Yaman
Moderator: Ketua umum FORMIL 2008-2009
Tempat : Kantor FORMIL
Pelaksanaan : 30 Maret 2009
Materi acara: Penyampaian pesan Habib Abdullah Baharun, pengarahan, penjelasan internal hubungan structural FORMIL-kuliyah dan universitas, kunjungan ke setiap kamar mahasiswa Indonesia di sakan dakhili dan dialog
12) Agenda acara:
Pertemuan langsung terbuka Prof. Dr. Habib Abdullah Baharun dengan seluruh anggota FORMIL
Jabatan: Rektor universitas al Ahgaff Yaman
Moderator: Ketua umum FORMIL 2008-2009
Pendamping: Dr. Muhammad Abdul Qadir, Dekan Fakultas Kuliyah Syari`ah
Tempat : Auditorium kulliyah syari`ah
Pelaksanaan : 24 April 2009
Materi acara: Pengarahan, penguatan mental, pemantapan wacana dan wawasan kemahasiswaan seputar trend aqidah kontemporer, fiqh dakwah, penjelasan internal kefakultasan, keuniversitasan dan dialog terbuka.
13) Agenda acara:
Pertemuan terbatas Ustadz Abdul Aziz dan Ustadz Faiz dengan anggota FORMIL
Jabatan: Delegasi resmi universitas dan Peserta Program Magister universitas al Ahgaff Yaman
Moderator: Ketua umum FORMIL 2008-2009
Tempat : Sakan dakhili kulliyah syari`ah
Pelaksanaan : 11 Agustus 2009
Materi acara: Penyampaian pesan Habib Abdullah Baharun, pengarahan, penguatan mental mahasiswa Indonesia, penjelasan seputar kiprah alumni universitas al Ahgaff, upaya pemberdayaan media dakwah universitas al Ahgaff melalui perangkat tekhnologi dan dialog terbuka.

Aidid, Merdeka: 17 Agustus 2009 M.




Ketua Umum Sekretaris Umum
M. Chotibul Umam Muhamad Sae

Pengurus Harian
1. Ahmad Zuhairuz Zaman ( Ketua I ), 2. Dhofirul Yahya ( Ketua II )
3. Madahus Shobah ( Sekretaris I ), 4. Najmuddin ( Sekretaris II )
5. Shodiqin ( Bendahara Umum ), 6. Thariqul watsiq ( Bendahara I )

0 komentar:

Posting Komentar