LPJ DEPARTEMEN SENI DAN BUDAYA

JANGKA PENDEK
1. Pembuatan Kartu Lebaran
2. Mengembangkan Wacana Dalam Kreasi Tulis Menulis di Kalangan Mahasiswa Diantaranya Dengan Menerbitkan Majalah / Buletin Al Fateh ( edisi Indonesia / Arab )
3. Optimalisasi Aqwam Media
4. Mengadakan kursus Marawis, Nasyid, Zafin, dan Hadrah



JANGKA PANJANG
1. Latihan Praktis penulisan karya ilmiyah (Jurnalistik)

REALISASI PROGRAM KERJA

1. Pembuatan Kartu Lebaran :
Kartu lebaran pada tahun ini tidak dibuat seperti karleb-karleb sebelumnya akan tetapi berbentuk surat resmi dari FORMIL. Surat tersebut berisi tahniah / ucapan selamat hari raya kepada para masyayikh dan habaib. Dalam hal ini surat tahniah kami berikan bersamaan dengan realisasi progam kerja departemen pendidikan & da'wah yang belangsung pada hari raya idul fitri yaitu silaturahmi kepada para masyayikh & habaib, akan tetapi karena beberapa hal surat yang kami buat tidak sampai kepada alamat yang dituju. Surat itu hanya kami buat pada hari raya idul fitri 14230 H. saja, sedangkan pada hari raya idul adha 1430 H. dan hari-hari besar islam lainnya tidak kami buat.
Saran : Untuk masa – masa mendatang format surat tahniah ini bias lebih diperbaiki lagi, sehingga ada nilai lebih, seperti diantarkan bersamaan dengan acara silaturrahim bersama, sebagaimana yang telah digagas pada tahun ini.

2. Mengembangkan Wacana Dalam Kreasi Tulis Menulis di Kalangan Mahasiswa dengan menerbitkan majalah/buletin Al Fateh edisi Indonesia/Arab.
Progam kerja ini terealisasi dengan suksesnya penerbitan majalah al-Fateh dua kali. Edisi pertama terbit pada bulan Januari dan di cetak sebanyak 18 eksemplar. kemudian edisi kedua terbit dengan kontain lebih baik dari pada edisi pertama, pada bulan Mei dan di cetak sebanyak 22 eksemplar. Dalam penerbitan majalah kali ini bekerjasama dengan departemen pengembangan bahasa.
Dalam merealisasikan proja ini, kami menemui beberapa kendala:
Diantaranya, Kurangnya animo / minat sahabat mahasiswa untuk berkarya tulis serta masih lemahnya proses pendistribusian majalah, hal itu karena terbentur agenda ujian dan kendala tekhnis lainnya yang menyita waktu cukup banyak dan biaya mahal.
.

3. Optimalisasi aqwammedia
Tentang Aqwam, adalah media lama yang coba dipoles sedemikian rupa untuk mengembalikan ruh dan eksistensinya di hadapan setiap pribadi yang masih punya loyalitas dakwah bil qalam. aqwaMMedia merupakan sebuah media berbentuk majalah milik mahasiswa Indonesia Fakultas Syari'ah Wal Qonun Universitas Al Ahgaff yang didindingkan setiap separuh bulan. Dunia jurnalistik bagi kalangan akademikus khususnya, sudah menjadi kebutuhan pokok yang tak bisa dipungkiri urgensinya dan kontribusinya dalam menjaga dan melestarikan khazanah setiap disiplin ilmu, pembentengan suatu ideologi sekaligus penyebarannya kepada khalayak umum dari satu generasi menuju generasi berikutnya. Untuk itu, aqwaMMedia hadir dalam sela-sela padatnya aktivitas kuliyah, mencoba menghidupkan tradisi diskusi, pengkajian, pendalaman literatur berbagai fan ilmu dan amar ma'ruf nahi mungkar via kertas dan pena. Mencoba membawakan kunci pintu gerbang wacana dan menyuntikkan stimulus sekaligus menyediakan infrastruktur yang menjembatani terciptanya interaksi timbal-balik antara penulis dan pembaca di komunitas kita, mahasiswa Islam Indonesia.
Walaupun media ini terkesan tidak tampak manfa`atnya, terlebih bagi mereka yang anti karya tulis dalam berbagai bentuk dan kategori lainnya, namun kami dari Tim Redaksi masih memiliki ghirah yang sangat kuat sekali menghadapi gersangnya budaya tulis-menulis di komunitas kita, di tengah terus melemahnya tradisi mengkaji dan mendalami literatur berbagai fan ilmu secara terorganisir yang semestinya menjadi tuntutan dunia mahasiswa. Di sini, aqwaMMedia berusaha tegar menggagas sisa asa, mengumpulkan puing reruntuhan tradisi tulis-menulis di kalangan mahasiswa Indonesia, memoles rasa kecewa sebagian kita, menghadirkan kembali lambaian tangan damai, mengucapkan dengan bahasa lisan sarat kesan, mewujudkan tulisan penuh arti dan mutiara pesan "al ilmu shaidun wal kitabatu qayyiduhu, qayyid shuyudaka bil hibalil watsiqi"
Dalam usaha menyukseskan penerbitan madding ini, departemen seni dan budaya menjalin kerjasama dengan departemen pengembangan bahasa.

Eksistensi aqwam, al-Hamdulillah selama setahun kontain Aqwammedia dapat berganti tepat waktu dengan berhasil terbit sebanyak 19 edisi dari 24 edisi yang kami agendakan. Namun disela-sela edisi tersebut kami juga menayangkan edisi-edisi khusus, Meskipun begitu keberadaan aqwam tahun ini merupakan prestasi sangat besar dan perlu mendapatkan penghargaan dan apresiasi tinggi. Untuk penerbitan aqwam ini, awalnya kami menemuai kesulitan dalam hal kontein, tapi alhahamdulillah, berkat kesigapan tim redaksi, dalam tahapan selanjutnya sedikit tumbuh minat dan animo dari sahabat mahasiswa untuk ikut serta mengisi aqwammedia melaui akses personal atau lewat kotak mading yang tersedia. Bahkan setelah edisi ke-19 (edisi penutup) masih tersisa beberapa karya tulis yang belum dipublikasikan, rencananya akan kami limpahkan pada tim redaksi aqwammedia mendatang untuk dipublikasikan.
Di samping itu, aqwam media juga telah mempunyai halaman website sendiri di www.aqwammedia.blogspot.com dan email artculture.FORMIL@gmail.com. Tentang tulisan dan isi yang ada di website aqwammedi, mayoritas berasal dari kontein data yang pernah terpampang di mading tercinta kita.
Dari kesuksesan besar yang kami capai, ternyata juga masih menemui kendala yang perlu diperhatikan, yaitu minimnya kreatifitas karya dan minat tulis menulis di lingkungan kita. Dari 19 edisi yang telah terbit semuanya didominasi nama sama dan minim sekali partisipasi dari sahabat yang lain.
.
4. Mengadakan kursus Marawis, Nasyid, Zafin, dan Hadrah
Realisasi latihan marawis, nasyid, zafin dan hadrah dipandu langsung oleh group El-Muhibbin. Pelaksanaannya kondisional atau ketika akan menghadiri acara / undangan.
Secara umum program ini terealisasi dengan cukup baik dan lancer, akan tetapi kendala besar yang terjadi adalah kurangnya regenerasi, hal ini dapat dilihat dari sedikitnya sahabat mahasiswa yang memiliki potensi namun tidak tampak bergabung dalam beberapa latihan yang digelar oleh el Muhibbin Voice.
Saran kami, group el Muhibbin pada tahun berikutnya dapat mengagendakan latihan secara rutin sebagai modal regenerasi.

PROGAM JANGKA PANJANG
Latihan Praktis penulisan karya ilmiyah (Jurnalistik)
Untuk pelaksanaan progam jangka panjang yaitu; pelatihan praktis penulisan karya ilmiyah (jurnalistik) belum dapat terlaksana pada tahun ini, karena mahalnya biaya, sulitnya koordinasi waktu dan kurang aktifnya sahabat mahasiswa dalam proses kejurnalistikan, hal itu terlihat dari minimnya respon dibidang karya tulis yang bersifat kritik konstruktif.
Saran: Progam ini hendaknya tetap dipertahankan meskipun belum bisa terealisasi, karena pentingnya substansi program yang terkait langsung dengan proses pengembangan wacana, wawasan dan nalar, sehingga bersamaan dengan tumbuhnya kesadaran akan pentingnya kemampuan jurnalistik bagi mahasiswa, proja ini diharapkan dapat terealisasi pada tahun berikutnya, walaupun harus dalam bentuk sederhana atau bekerjasama dengan organisasi lain seperti PPI Yaman.

Aidid, Merdeka: 17 Agustus 2009 M.

Ali Candra Kusuma

Koordinator



Anggota : Khoiruddin wardana, Chandra Masyriqi, Muhammad Shofi dan Luthfiyadi

0 komentar:

Posting Komentar