PROFIL SINGKAT FORUM MAHASISWA INDONESIA AL AHGAFF (FORMIL)

Pendahuluan : Ajaran agama Islam yang tidak sekadar mengatur hubungan vertikal manusia dengan Tuhannya, melainkan mengatur pula hubungan horizontal antar sesama manusia, telah mengantarkan sebagian penggagas awal forum ini untuk berfikir aktif. Dari hasil pemikiran itulah, tercetus ide dasar yang menjadi benih awal dibentuknya forum ini, dengan tujuan utamanya untuk membantu mahasiswa Indonesia dalam sebagian hal yang bersifat pendidikan dan hal lain yang bersifat administratif. Forum mahasiswa Indonesia Al Ahgaff (FORMIL) merupakan



institusi resmi bagi mahasiswa Indonesia di universitas al Ahgaff Yaman. untuk mewujudkan tujuan agung tersebut, forum ini telah mengatur berbagai hal secara rinci dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangganya.
Tujuan : Forum Mahasiswa Indonesia Al Ahgaff yang selanjutnya disingkat FORMIL, adalah wadah kegiatan mahasiswa Indonesia Al Ahgaff yang meliputi aspek pendidikan, praktik sosial dan budaya yang bersendikan nilai luhur agama Islam, Dalam anggaran dasarnya, oraganisasi ini resmi dibentuk pada hari Sabtu tanggal 29 Januari 2001 M. di kota Tarim untuk masa yang tidak ditentukan. Prinsip dasar ideologi organisasi ini menganut faham ahlus sunnah wal jama`ah, Keorganisasian forum ini, bersifat Campus Intern of Organization yang berada di bawah garis komando fakultas syari`ah universitas al Ahgaff. Layaknya organisasi lain, forum ini juga memiliki tujuan-tujuan, diantaranya adalah sebagai berikut : Terbinanya Ukhuwah Islamiyah dan solidaritas antar sesama mahasiswa asal Indonesia. Terciptanya komunikasi harmonis antara mahasiswa Indonesia dengan pihak universitas al Ahgaff secara umum dan civitas Fakultas Syari`Ah pada khususnya. Terbinanya insan akademis yang bertaqwa, beriman, berilmu, dan beramal nyata sebagai tanggungjawab predikat kemahasiswaan dalam mengemban amanat tri dharma kampus.
Departemen : Forum ini memiliki enam departemen sebagai badan resmi pelaksana program kerja yang telah diagendakan oleh pengurus forum pada setiap tahun khidmah, keenam departemen tersebut adalah; Departemen pendidikan & dakwah, departemen seni & budaya, departemen olah raga dan kesehatan, departemen hubungan masyarakat, departemen peringatan hari besar islam, dan departemen pengembangan bahasa. sebagian aktifitas setiap departemen dapat dibaca dalam deskripsi aktifitas FORMIL.
Keanggotaan : Keanggotaan dalam FORMIL, terdiri dari 3 macam anggota, yaitu: Anggota Aktif, Anggota Non Aktif dan Anggota Kehormatan.
Pengurus : Dalam anggaran dasarnya, Forum ini juga telah menetapkan komposisi pengurusnya yang terdiri dari; Pelindung, Penasehat, Dewan Konsultan dan Dewan Pengurus Harian, untuk pelindung dan penasehat forum ini, diduduki oleh civitas universitas dan fakultas, adapun untuk dewan konsultan dan dewan pengurus harian, ketuanya dipilh secara demokratis pada acara Musyawarah Anggota Komplit (MAK).
Permusyawaratan : Permusyaratan forum ini terdiri dari; Musyawarah Luar Biasa (MLB), Musyawarah Anggota Komplit (MAK), Rapat Kunsultatif (RAKONS), Rapat Pimpinan (RAPIM) dan Rapat Koordinasi (RAKOORD)
Keuangan : Keuangan forum ini diperoleh dari; Uang pangkal (mahasiswa baru asal Indonesia), Infaq dari anggota FORMIL yang berkesempatan menjadi tenaga musyrif haji (TEMUS), bantuan dari pihak Fakultas yang bersifat bulanan, Hasil usaha FORMIL atau sumbangan dari pihak lain yang halal dan sah.
Penutup : Demikian deskripsi profil singkat FORMIL sebagai pengenalan awal tentang keberadaan forum mahasiswa Indonesia al Ahgaff di Fakultas Syari`Ah dan Qanun Universitas al Ahgaff Republik Yaman.

1 komentar:

  Anonim

28 September 2009 pukul 22.02

download materi kursus bahasa inggris gratis di www.myenglish01.e-compusoft.org untuk analisa data olah data statistik penelitian kunjungi http://wp.me/pfabh-6l

Posting Komentar