LPJ DEPARTEMEN PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI)

PROGRAM KERJA
• JANGKA PENDEK
1. Memperingati Nuzulul Qur'an 1429 H.
2. Memperingati Idul Fitri 1429 H.
3. Memperingati Idul Adha 1429 H.
4. Memperingati Tahun Baru Hijriyah 1430 H.


5. Memperingati Maulid Nabi Saw. 1430 H.
6. Memperingati Isara' Mi'raj 1430 H.
7. Memperingati HUT RI Ke-64 Thn. 2009 M.

• JANGKA PANJANG
Mengadakan Haul Bersama Masyayikh Indonesia

REALISASI PROGRAM KERJA

• JANGKA PENDEK
September 2008
Nama Kegiatan : Nuzulul Quran 1429 H.
Pelaksanaan : Kamis, 18 Ramadlan 1429 H./18 september 2008 M
Laporan singkat : Terlaksana dengan sukses dan lancar.
Deskripsi kegiatan : Kegiatan ini diadakan bersama pelantikan pengurus baru FORMIL 2008-2009 bertempat di Auditorium Universitas Al Ahgaff, hadir pada kesempatan itu Musyrif Am Idarah Kulliyah Syari`ah, Habib Idrus Bin Umar Al Kaff, Rais Syu`unul Wafidin, Habib Zain Bin Aqil, Amid Kulliyah, Dr. Muhammad Abdul Qadir Al Idrus, Dr. Amjad Rasyid, Dr. Izzudin, dan beberapa dosen fakultas.

Oktober 2008
Nama Kegiatan : Gebyar Idul Fitri 1429 H.
Pelaksanaan : Rabu-Kamis, 1-2 Syawal 1429 H /1-2 Oktober 2008 M
Laporan singkat : Terlaksana dengan sukses dan lancer.
Deskripsi kegiatan : Kegiatan bertajuk gebyar idul fithri 1429 H. ini diadakan selama dua hari berturutan dalam bentuk takbir lesehan dan gelar kesenian bertempat di depan sakan dakhili bekerja sama dengan departemen seni dan budaya dalam rangka menyemarakkan malam lebaran, acara dikemas santai, tapi khidmat, acara dimulai sejak sore hari sampai dengan larut malam, pada tanggal 1 Syawwal 1429 H. dan di isi dengan penampilan pencak silat, drama, pembacaan puisi serta di akhiri dengan pembagian 20 door prize bagi para peserta takbiran lesehan pada malam kedua, hadir dan ikut menyaksikan acara pada kesempatan itu, ketua umum FORMIL, ketua dewan konsultan dan syuunul wafidin kulliyah, habib Muhammad bin syihab.



Desember 2008
Nama Kegiatan : Idul Adha 1429H.
Pelaksanaan : Senin-Kamis, 10-13 Idul Adha 1429 H/8-11 Desember2008 M
Laporan singkat : Terlaksana dengan sukses dan lancar.

Deskripsi kegiatan : Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pembagian penyembelihan hewan kurban dan distribusi daging ke setiap sakan (sakan dakhili, rahbah dan sakan syaikh ba`udlon), kegiatan ini juga menyediakan masakan khas Indonesia untuk seluruh mahasiswa kuliyah syariah, sebagai hidangan makan bersama pada hari pertama idul adha di masbah mahsun dan makan bersama hari kedua di sakan dakhili serta acara masak bareng di dapur Indonesia pada hari ketiga.

Januari 2008
Nama Kegiatan : Tahun Baru Hijriyah 1430 H.
Pelaksanaan : Kamis, 18 Muharram 1430 H./15 Januari 2009 M
Laporan singkat : Terlaksana dengan sukses dan lancar. Deskripsi kegiatan :
Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan walimah safar hajj mahsiswa Indonesia kulliyah syariah dan Nushroh Ghazza, bertempat di auditorium universitas al Ahgaff , hadir pada kesempatan itu Musyrif Am Idarah Kulliyah Syari`ah, Habib Idrus Bin Umar Al Kaff, Amid Kulliyah, Dr. Muhammad Abdul Qadir Al Idrus, Dr. Amjad Rasyid, Dr. Izzudin, serta Habib Abu Bakar Al Idrus sebagai pengisi acara inti dan beberapa dosen fakultas.

Maret 2009
Nama Kegiatan : Maulid Nabi Muhammad SAW 1430 H.
Pelaksanaan : Kamis, 30 R. Awwal 1430/26 Maret 2009 M
Laporan singkat : Terlaksana dengan sukses dan lancar.
Deskripsi kegiatan :Kegiatan ini diadakan dalam bentuk pembacaan Maulid Simtuddurar, bekerja sama dengan panitia pekan seni dan budaya Mahasiswa Fakults Syariah bertitel ma'an naltaqi linartaqi bertempat di Auditorium Kulliyah, serta bekerja sama dengan departemen seni dan budaya dalam rangka menyemarakkan malam maulid tersebut, acara berjalan dengan khidmat yang dilaksanakan sejak sore hari sampai larut malam. Mauidlah hasanah disampaikan langsung oleh Rais Jami`ah Universitas Al-Ahgaff Prof. Dr. Habib Abdullah Baharun, dan di selingi dengan penampilan marawis el Muhibbin voice serta beberapa firqoh Nasyid undangan, hadir dan ikut menyaksikan acara pada kesempatan itu, Ketua umum FORMIL, Ketua dewan konsultan dan Syuunul wafidin kulliyah, Habib Muhammad bin Syihab, Amid kulliyah Dr. Muhammad Abdul Qodir Al-Idrus, Dr. Izzudin Ahmad dan beberapa dosen.

Juli 2009
Nama Kegiatan : Isra' Mi'raj 1430 H
Pelaksanaan : Tidak terlaksana
Kendala tidak terlaksananya kegiatan : karena dalam proses ujian akhir semester genap, sebagaimana sran Amid dalam beberapa kali permohonan bimbingan, FORMIL diminta untuk tidak mengadakan kegiatan apapun ketika berhadapan dengan kegiatan kuliyah.

Agustus 2009
Nama Kegiatan : HUT RI ke-64 tahun 2009 M.
Pelaksanaan : 3-15 Agustus 2009
Laporan singkat : Terlaksana dengan lancar dan sukses.
Deskripsi kegiatan :Kegiatan ini diisi dengan berbagai perlombaan dan diakhiri dengan pembagian hadiah, gelar doa dan makan malam bersama di Masbah Mahsun. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan awal persiapan LPJ yang diisi dengan pengenalan 10 bakal calon ketua umum FORMIL 2009-2010. bekerjasama dengan ORKES.

JANGKA PANJANG
Nama kegiatan : Mengadakan Haul Bersama Masyayikh Indonesia
pelaksanaan : Tidak terlaksana
Kendala tidak terlaksananya kegiatan : Karena belum mendapat idzin dari Amid, serta sulitnya koordinasi waktu pelaksanaan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Idaroh Kulliah.



Aidid, 17 Agustus 2009 M

Mu`arifin

Kooordinator



Anggota; Abdul Adzim, Muhammad A`lam, Asnari dan Adnan Kasogi


1 komentar:

  Anonim

4 April 2010 pukul 23.33

ini kan susunan acara tapi kog nggak ada susunan nya

Posting Komentar